Analisis Penerapan Produksi Bersih Pengelolaan Sampah Di Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Bakunci Kabupaten Tanah Laut

Main Article Content

Meldayanoor Meldayanoor
Mariatul Kiptiah
Dian Permata Sari

Abstract

Permasalahan sampah saat ini menjadi suatu hal yang memerlukan perhatian, karena sampah-sampah yang dibiarkan saja akan menimbulkan dampak negatif bagi lingkungan. Penelitian ini dilakukan di Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Bakunci Kabupaten Tanah Laut. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk menganalisis pengolahan sampah di TPA Bakunci serta menganalisis penerapan produksi bersih dari segi kelayakan teknis, kelayakan lingkungan dan kelayakan ekonomi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu wawancara, kuisioner, pengamatan langsung dan studi pustaka yang berkaitan dengan penelitian. Pengelolaan sampah di TPA Bakunci yaitu mengolah sampah organik diolah menjadi kompos, sampah organik diolah menjadi biogas dan sampah anorganik dikelola dibank sampah. Dilihat dari segi kelayakan teknis pengelolaan kompos dan bank sampah layak untuk dilanjutkan, sedangkan dari segi kelayakan lingkungan setiap pengelolaan sampah yang dilakukan tidak ada pengaruhnya terhadap lingkungan. Dilihat dari segi kelayakan ekonomi dalam pengelolaan kompos perkiraan keuntungan yang diperoleh yaitu Rp. 23.856.000/bulan dan pengelolaan bank sampah yaitu 28.818.900/bulan untuk 33 nasabah bank sampah.

Article Details

Section
Articles

References

Elpawati. 2015. Optimalisasi Penggunaan Pupuk Kompos Dengan Penambahan Effective Microorganism 10 (Em10) Pada Produktivitas Tanaman Jagung (Zea Mays L.). Jurnal Biologi. Vol. 8, No. 2, Hal 77-87.

Hasan A.R & Putu W. 2014. Pembuatan Biogas Dari Sampah Pasar. Jurnal Ilmiah Teknik Lingkungan Vol. 6 No. 1. Hal 59-64. Jawa Timur.

Hakimi, R., Budiman, D., 2006. Aplikasi Produksi Bersih (Cleaner Production) Pada Industri Nata De Coco, Jurnal Teknik Mesin, Vol. 3, No. 2, ISSN 1829-8958. Universitas Andalas. Padang.
Jambeck J.R, Geyer R. Wilcox C, Siegler T.R, Perryman M, Andrady A, Narayan R, Law K.L. Plastic Waste Inputs From Land Into the Ocean. Journal of Science. 347(6223): 768-770.
Kusuma P.T. 2012 Analisis Kelayakan Finansial Pengembangan Usaha Kecil Menengah (Ukm) Nata De Coco. Vol. 01. No. 02. Hal 113-120. Jawa Barat.
Kurniawan, Nalim. 2007. Analisis Kelayakan Usaha Pengolahan Sampah Kota Menjadi Produk Yang Berguna Di TPA Bantargebang. Universitas Gunadarma. Bekasi
Lumintang, M, Fatmawati. 2013. Analisis Pendapatan Petani Padi Di Desa Teep Kecamatan Langowan Timu. Fakultas Ekonomi dan Bisnis. Manado. Vol. 1. No. 3. 991-998.

Radityaningrum AD, Caroline J, Restianti DK. 2017. Potensi Reduce, Reuse, Recycle (3R) Sampah pada Bank Sampah ‘Bank Junk for Surabaya Clean (BJSC)’. Jurnal Teknik Lingkungan. 03(01): 1–11.
Septiatri, Wulandari. 2014. Analisis Strategi Penerapan Produksi Bersih Pada Rantai Logistik Industri Hortikultura. Skripsi. Fakultas Teknologi Pertanian Institut Pertanian. Bogor.
Probowati, B. D., Burhan, 2011, Studi Penerapan Produksi Bersih Untuk Industri Kerupuk, Universitas Trunojoyo Madura. Madura.

Most read articles by the same author(s)

<< < 1 2