Analisis Nilai Tambah dan Kelayakan Usaha Manisan Terung UD. Berkat Motekar di Desa Pemuda Kabupaten Tanah Laut

Main Article Content

Muhammad Indra Darmawan
Nina Hairiyah
Siti Hajar

Abstract

Usaha rumah tangga UD. “Berkat Motekar” merupakan salah satu usaha rumah tangga yang memproduksi atau mengolah manisan terung. Tujuan dari penelitian ini menganalisis nilai tambah dan menghitung kelayakan usaha manisan terung berkat motekar. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode Hayami dan aspek finansial yang meliputi NPV, Net B/C dan IRR. Hasil penelitian yang didapat pada analisis nilai tambah manisan terung adalah sebesar Rp17.847,92/kg atau 49,57% dari hasil produksi. Marjin yang diperoleh dari setiap 1 kg terung adalah sebesar Rp29.000/kg, sehingga didistribusikan untuk masing faktor yaitu keuntungan 27,06%, tenaga kerja 34,48% dan sumbangan input lain sebesar 38,46%, dari hasil persentasi yang didapatkan nilai persentasi tertinggi berada pada sumbangan input lain, sedangkan untuk hasil penelitian kelayakan usaha dalam segi aspek finansial didapatkan hasil NPV sebesar
10.592.531, Net B/C 1,543, IRR 21% dan PBP 5,4, hasil dari perhitungan kelayakan usaha ini sudah memenuhi kriteria yang ditetapkan sehingga dapat dikatakan layak.

Article Details

Section
Articles
Author Biographies

Muhammad Indra Darmawan, Jurusan Teknologi Industri Pertanian Politeknik Negeri Tanah Laut

Jurusan Teknologi Industri Pertanian Politeknik Negeri Tanah Laut

Nina Hairiyah, Jurusan Teknologi Industri Pertanian Politeknik Negeri Tanah Laut

Jurusan Teknologi Industri Pertanian Politeknik Negeri Tanah Laut

Siti Hajar, Jurusan Teknologi Industri Pertanian Politeknik Negeri Tanah Laut

Jurusan Teknologi Industri Pertanian Politeknik Negeri Tanah Laut

References

Artika, I.B.E. dan Marini, I.A.K. 2016. Analisis Nilai Tambah (Value Added) Buah Pisang Menjadi Keripik Pisang di Kelurahan Babakan Kota Mataram. Ganaç
Swara Vol.10 No.1 2016.

Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Tanah Laut. 2016. Tanah Laut Dalam Angka.Bantacut, Tajuddin. 2013. Pembangunan Ketahanan Ekonomi dan Pangan Perdesaan Mandiri Berbasis Nilai Tambah. Pangan, Vol No.2 Juli 2013;397-406.

Dewanti, R.P. 2016. Analisis Perbandingan Nilai Tambah dan Profitabilitas Olahan Baby Fish Mas pada UKM di Kabupaten Bogor. Skripsi. Institut Pertanian Bogor.

Hukmi, Fadilah 2010. Analisis Kelayakan Pengembangan Usaha Pengolahan Ikan Asap. Departemen Agribisnis Fakultas Ekonomi Dan Manajemen Institut Pertanian Bogor.

Husnan, Suad, dan Swarsono, 2000. Studi Kelayakan Proyek. Edisi keempat. Cetakan Pertama. Yogyakarta: UPP AMP YKPN.

Ibrahim, Yacob. 2009. Studi Kelayakan Bisnis. Rineka Cipta. Jakarta.

Juliadri, 2017. Analisis Kelayakan Usaha Makanan Tradisional Kue Biskuit di Kota pekan Baru. JOM Fekun, Vol.4 No.1 (Februari) 2017.

Kamisi, L.H, 2011. Analisis Usaha Dan Nilai Tambah Agroindustri Kerupuk Singkong. Jurnal Ilmiah Agribisnis Dan Perikanan (Agrikan UMMU-Ternate). Volume Edisi
2.

Mangunwijaya, D dan I. Sailah, 2009. Pengantar Teknologi Pertanian (Edisi Ketiga ed.). Penerbar Swadaya. Jakarta.

Sudiyono, Armand 2004. Pemasaran Pertanian. UMM Press. Malang.

Sutojo, Siswanto. 2009. Manajemen Pemasaran, ed. kedua. Damar Mulia Pustaka. Jakarta

Suprapto. 2006. Proses Pengolahan dan Nilai Tambah. Penebar Swadaya. Jakarta.

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>