Perancangan Ulang Tata Letak Fasilitas Industri Tahu untuk Meminimalkan Material Handling dengan Algoritma Blocplan Di UD. Pintu Air

Main Article Content

R. Rizki Amalia
Luthfina Ariyani
Muhammad Noor

Abstract

UD. Pintu Air merupakan salah satu industri yang bergerak di bidang produksi tahu. Saat ini tata letak fasilitas produksi di UD Pintu Air memiliki kendala terkait dengan pengaturan pernpindahan material. Penelitian ini bertujuan untuk merancang ulang tata letak industri tahu untuk meminimalkan penanganan perpindahan material. Pendekatan yang digunakan dalam proses perancangan ulang tata letak fasilitas di UD. Pintu Air adalah Algoritma Blocplan. Lebih jauh, efisiensi penanganan material digunakan sebagai parameter untuk mengetahui keberhasilan proses perancangan ulang. Berdasarkan Algoritma Blocplan, dapat diperoleh bahwa jarak total rectalinier adalah 48,25 meter, sedangkan tata letak yang saat ini diterapkan di UD. Pintu Air memiliki jarak total rectalinier sebesar 55 meter. Oleh karena itu, tata letak yang diusulkan dengan menggunakan Algoritma Blocplan dan perhitungan jarak dengan rumus rectalinier dapat dikatakan telah meminimalkan jarak perpindahan material sebesar 6,75 meter.

Article Details

Section
Articles

References

Dewi, Andini I, Choirin, Mochamad, Efranto dan Remba Y., 2008. Perancangan Ulang Tata Letak Fasilitas Berdasarkan Hasil Simulasi Proses Produksi Rokok. Jurnal Program Studi Teknik Industri Universitas Brawijaya. Malang.

Meyers, F.E. dan Stephens, M.P., (2013), Manufacturing Facilities Design and Material Handling, Prentice Hall Inc., New Jersey.

Tompkins dan J.A White, Facilities Planning 2nd ed. John Wiley and Sons, Canada, 1996.

Wignyosoebroto, S. 2003. Tata Letak Pabrik dan Pemindahan Bahan, Gunawidya.