PENGARUH PERSONAL SELLING DAN PERIKLANAN TERHADAP VOLUME PENJUALAN PRODUK BEPANG UD.DIAH, KECAMATAN PELAIHARI
Main Article Content
Abstract
Bepang merupakan produk olahan beras yang telah digiling dan dicampur bersama dengan gula putih dan gula merah sehingga memberikan cita rasa yang khas. Berkaitan dengan aspek pemasaran produk Bepang, promosi memegang peranan yang penting. Promosi dapat dilakukan melalui berbagai cara, seperti personal selling dan periklanan. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan bagaimana tahapan dalam melakukan personal selling dan periklanan dari produk Bepang dan mengidentifikasi pengaruh personal selling dan periklanan terhadap volume penjualan produk Bepang. Personal Selling dan periklanan dilakukan melalui dua tahapan. Tahapan pertama bertujuan untuk secara acak menentukan target area promosi berdasarkan jarak dan langkah kedua adalah melakukan aktivitas personal selling dan periklanan selama 16 hari. Sementara itu, analisis pengaruh personal selling dan perikalanan terhadap volume penjualan dilakukan dengan analisis regresi berganda dan menghasilkan persamaan Y = 51,88-0,8151x1-0,7347x2. Berdasarkan persamaan tersebut dapat diidentifikasi bahwa semakin jauh jarak yang ditempuh untuk melakukan penjualan melalui personal selling dan periklanan maka semakin sedikit volume penjualan yang akan didapat. Sementara itu, koefisien determinasi (R2) menunjukkan nilai 0,7214. Hal ini berarti bahwa personal selling dan perikalanan berpengaruh terhadap volume penjualan sebesar 72,14%. Uji parsial (uji t) untuk hasil personal selling menunjukkan bawah thitung> ttabel (2,31817> 2,160) dan untuk periklanan menujukkan hasil bahwa thitung> ttabel (2, 8912> 2,1604) yang berarti bahwa personal selling dan periklanan memiliki hubungan yang signifikan dengan volume penjualan. Selain itu uji regresi simultan (uji F) menghasilkan nilai Fhitung > Ftabel (16,3890> 3,81) yang juga dapat dikatakan bahwa personal selling dan periklanan secara bersamaan mempengaruhi volume penjualan.
Article Details
References
Budiwati, H., 2012. Implementasi Marketing Mix Dan Pengaruhnya Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pada Produk Unggulan Keripik Pisang Agung Di Kabupaten Lumajang. Jurnal WIGA. Vol. 2 No.2. ISSN No 2088-0944.
Karlina, B., 2007. Pengaruh Bauran Promosi Terhadap Volume Penjualan. Program Studi Manajemen Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Sanata Dharma. Skripsi. Surakarta.
Muchiri, M. N., 2016. The Effectiveness of Marketing Mix Strategies On Performance Of Kenol Kobil Limited. Thesis. University of Nairobi.
Murithi, M. M., 2015. Effects of Personal Selling on Sales: A Case of Women Groups in Imenti North District, Meru County, Kenya. International Journal of Academic Research in Business and Social Sciences. Vol. 5, No. 1 pp. 38-52. ISSN: 2222-6990.
Novena, V., 2013. Pengaruh Bauran Promosi Terhadap Keputusan Kunjungan Konsumen Pariwisata. Fakultas Ekonomika Dan Bisnis Universitas Diponegoro. Skripsi. Semarang.
Sajuyigbe, A.S., Amusat, W.A., Oluwayemi. O. 2013. Impact of Advertising on Organizational Sales Turnover: Nigerian Breweries Plc Experience. European Journal of Business and Management. Vol. 5 No. 4 pp. 22-26. ISSN 2222-1905.
Rohaeni, H. 2016. Peranan Promosi Melalui Personal Selling Terhadap Volume Penjualan. Ecodemica. Vol. 4 No. 2 pp. 223-231. ISSN: 2355-0295,
Yousif, R. O., 2016. The Impact of Personal Selling on the Purchasing Behavior towards Clothes: A Case Study on the Youth Category. International Journal of Marketing Studies. Vol. 8, No. 5, pp. 128-135. ISSN 1918-719X.