Pengaruh Suhu dan Waktu Vulkanisasi Terhadap Sifat Kekerasan dan Visual Produk Footstep Sepeda Motor

Main Article Content

Febrina Delvitasari
Maryanti Maryanti

Abstract

Tahapan terpenting pada pembuatan kompon karet adalah proses vulkanisasi, dimana juga sangat dipengaruhi oleh suhu dan waktu vulkanisasi. Apabila pemilihan suhu dan waktu tidak sesuai dengan kondisi optimal, maka kualitas kompon karet yang dihasilkan akan kurang baik. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendapatkan suhu dan waktu vulkanisasi produk footstep sepeda motor terbaik pada parameter sifat kekerasan dan visualnya. Rancangan percobaan yang digunakan adalah Rancangan Acak Kelompok (RAK) dua perlakuan dengan tiga ulangan. Perlakuan pertama adalah suhu vulkanisasi (T1=130oC, T2=140oC, T3=150oC) dan perlakuan kedua yaitu waktu vulkanisasi (S1=10 menit, S2=15 menit). Kompon hasil percobaan kemudian akan dibandingkan dengan kompon pabrikan (FP). Hasil penelitian menunjukkan bahwa suhu dan waktu vulkanisasi berpengaruh nyata terhadap parameter sifat kekerasan, tetapi tidak terdapat interaksi antara keduanya. Perlakuan terbaik pada produk footstep sepeda motor adalah proses vulkanisasi dengan suhu 140oC selama 15 menit. Berdasarkan hasil pengamatan visual, produk yang dihasilkan tidak terdapat creking, buble dan barmy.

Article Details

Section
Articles

References

Cipriadi, A. 2016. Pengetahuan Bahan untuk Pembuatan Produk Karet. Makalah Pelatihan Pembuatan Barang Jadi Karet. Balai Riset dan Standadisasi Industri Palembang.
Daud, D dan Suharman. 2016. Pemanfaatan Karet Limbah Industri Crumb Rubber Sebagai Substitusi Karet SIR Pada Pembuatan Suku Cadang Sepeda Motor. Prosiding Seminar Nasional Kulit, Karet dan Plastik Ke-5 ISSN : 2477-3298. Yogyakarta
Delvitasari, F., Maryanti dan Winarto. 2017. Pengaruh Jumlah Bahan Pengisi Terhadap Kekerasan Kompon Footstep Sepeda Motor. Prosiding Seminar Nasional Pengembangan Teknologi Pertanian Politeknik Negeri Lampung. 7 Agustus 2017. ISBN 978-602-705-30-6-9.
Kinasih, N.A., M.I. Fathurrahman, D. Suparto. 2015. Pengaruh Suhu Vulkanisasi Terhadap Sifat Mekanik Vulkanisat Karet Alam dan Karet Akrilonitil-Butadiena. Majalah Kulit, Karet dan Plastik. 31(2):65-74
Maryanti, Delvitasari, F., Winarto. 2018a. Karakteristik Sifat Fisika Kompon Karet Alam Sebagai Bahan Dasar Footstep Sepeda Motor dengan Berbagai Formula. Jurnal Dinamika Penelitian Industri 29(1): 29-34.
Maryanti, Delvitasari, F., Winarto. 2018b. Pengaruh Ukuran dan Jumlah Partikel Carbon Black terhadap kekerasan dan kekuatan Tarik Kompon karet Untuk Pembuatan Footstep Sepeda Motor. Prosiding Seminar Nasional tektan. Politeknik Negeri Lampung. 11 oktober 2018.
Pireno,C.A., Wijaya, A., dan Pambayun, R. 2013. Pengaruh Suhu dan Waktu Vulkanisasi Terhadap Karakteristik Kompon Sol Karet Cetak Berbahan Pengisi Arang Cangkang Sawit. Jurnal Dinamika Penelitian Industri 24(1): 33-40.
Prasetya, H.A. 2012. Penggunaan Antioksidan Gambir dan Pengaruhnya terhadap Karakteristik Kompon Karet Pegangan Setang Sepeda Motor. Jurnal Dinamika Penelitian Industri. 32(1):37-44
Pusat Penelitian Karet Bogor. 2015. Makalah Kursus Teknologi Kompon Karet Padat, Sabut Kelapa Berkaret dan Lateks Pekat Serta Uji Mutu Karet. Bogor.
Winarto, Maryanti dan Delvitasari, F. 2017. Studi Karakteristik Sifat Fisika Kompon karet sebagai bahan dasar footstep sepeda motor. Laporan Hasil Penelitian Polinela.