Analisis Faktor-Faktor Utama Penyebab Kurangnya Pengunjung di UMKM Sentra Ikan Bulak (SIB) Kenjeran dengan Pendekatan Metode Fishbone Diagram

Main Article Content

Yuni Krida Sakti
Diana Zuhroh

Abstract

             UMKM Sentra Ikan Bulak (SIB) Kenjeran yang diharapkan sebagai Destinasi wisata baru pusat produk olahan ikan di daerah pesisir pantai Kota Surabaya, sejak didirikan sampai saat ini menghadapi berbagai kendala yang dapat menghambat proses tumbuh dan berkembangnya. Hambatan utama adalah masih sepinya pengunjung dan pembeli sehingga berdampak langsung pada tingkat pendapatan pedagang UMKM SIB. Di sisi lain Pemerintah Kota Surabaya telah melakukan berbagai upaya program promosi. Namun jumlah pembeli belum sesuai dengan harapan. Maka Pada Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa dan mengidentifikasi sebab-sebab yang menjadi akar permasalahan yang merupakan hambatan dalam proses pengembangan UMKM SIB Kenjeran. Dengan menggunakan Pendekatan Metode Fisbone Diagram dapat mengidentifikasi dan menganalisa secara detail sebab-sebab terjadinya hambatan tersebut, sehingga dihasilkan beberapa solusi terhadap kondisi sepinya pengunjung dan pembeli. Dari hasil wawancara dan kuesioner dari beberapa pengunjung dan pedagang baik yang berdagang di SIB kenjeran maupun pedagang PKL. Maka perlu dilakukan pengambilan tindakan korektif terhadap kebijakan Pemerintah yang diterapkan lebih tegas dilapangan, peningkatan infrastruktur berupa akses jalan langsung dari tempat wisata menuju SIB kenjeran, serta adanya rute menuju SIB pada moda transportasi wisata (Suroboyo Bus), serta peningkatan program promosi secara gencar melalui media sosial, media elektronik dan cetak, sehingga diharapkan Keberadaan dan fungsi UMKM SIB Kenjeran dikenal oleh masyarakat luas terutama yang berdomisili di Kota Surabaya.

Article Details

Section
Articles
Author Biography

Diana Zuhroh, Universitas 45 Surabaya

Universitas 45 Surabaya

References

Ananda, F. A., & Koswara, A. Y. (2018). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Integrasi Daya Tarik Wisata (DTW) di Kawasan Wisata Bulak Surabaya. JURNAL TEKNIK ITS, 7 no.2, 95-99.
Cahyadi, E. (2019). Penghubung antara Sentra Bulak Ke Taman Suroboyo. Surabaya: Surya.co.id.
Hendradi, C. T. (2006). Statistik Sixsigma Dengan Minitab. Yogyakarta: Andi Yogyakarta.
Sakti, Y. K., & Wachidin, A. (2018, September). Pengaruh Program promosi berbasis wisata edukasi melalui kegiatan workshop proses pembuatan produk olahan laut dengan pendekatan strategi CRM Terhadap Tingkat Penjualan Di SIB Kenjeran. Jurnal Teknik Industri, 21 No.02, 31-47.
Sari, E. N., & Ma'ruf, M. F. (2017). Partisipasi Pedagang Dalam Pengembangan. Publika, 5, 1-8.
Septiandhanu, A. (2018, Januari-April). EVALUASI PENCAPAIAN SASARAN PROGRAM PEMBANGUNAN SENTRA IKAN BULAK (SIB) DALAM UPAYA PENGEMBANGAN PARIWISATA WILAYAH PESISIR SURABAYA. Kebijakan dan Manajemen Publik, 6 No.1, 1-8.
Syukron, A., & Kholil, M. (2012). Six Sigma Quality For Business Improvement. Yogyakarta: Graha ilmu.
Wibisono, A. B., Pattisellano, A. D., & Artanto, A. T. (2019, Oktober). Strategi Branding Pesisir Pantai Kota Surabaya. IDEA JURNAL DESAIN, 18, No.2, 53-60.