EVALUASI KESEHATAN LAHAN PADA KAWASAN HUTAN PRODUKSI TERBATAS, BEKAS TEBANGAN DAN HUTAN TANAMAN INDUSTRI

Main Article Content

Meldayanoor Meldayanoor

Abstract

Pemanfaatan sumberdaya alam seiring dengan makin meningkatnya kebutuhan manusia akan keperluan untuk memenuhi kebutuhan hidup sehingga dalam pemanfaatannya harus benar-benar disesuaikan dengan ketersediaannya serta mempertimbangkan secara arif dan bijaksana dampak-dampak yang dapat mengakibatkan kerusakan lingkungan.

Akibat dari kegiatan pengrusakan lingkungan termasuk hutan yang tidak terkendali menyebabkan hutan semakin gundul sehingga fungsi hutan untuk mengatur kondisi tata air di dalam tanah menjadi berkurang, kondisi lahan dan kesuburan tanah semakin menurun serta terjadi erosi. Kerusakan fungsi hutan seperti kegiatan pembukaan areal hutan dapat menyebabkan kondisi kesehatan lahan semakin menurun secara fungsi produksi, fungsi hidrologis dan fungsi ekologis.

Penelitian ini menggunakan metode survei lapangan dan analisa laboratorium dengan pengambilan sampel tanah, air, flora dan fauna pada tiga kawasan yang berbeda untuk mendapatkan nilai indeks fungsi kesehatan lahan yang diperoleh dari nilai indeks fungsi produksi, indeks fungsi hidrologis dan indeks fungsi ekologis. Metode ini diharapkan lebih dapat memberikan kajian yang komprehensif sehingga dapat mengetahui kesehatan lahan secara keseluruhan.
Hasil penelitian ini menyatakan bahwa tingkat kesehatan lahan pada kawasan hutan produksi terbatas tergolong sehat dengan nilai indeks fungsi kesehatan lahan 0.74, kawasan hutan tanaman industri tergolong cukup sehat dengan nilai indeks fungsi kesehatan lahan 0.40 dan kawasan bekas tebangan yang ditumbuhi alang-alang kesehatan lahannya tergolong kurang sehat dengan nilai indeks fungsi kesehatan lahan 0.32.

Penilaian kesehatan lahan menggunakan kajian terhadap fungsi lahan secara produksi yang diperoleh dengan menilai kesesuaian lahan dan IBE, secara hidrologis dengan menilai koefisien runoff, fluktuasi tinggi muka air sungai serta sedimentasi tersuspensi dan secara ekologis dengan menilai keanekaragaman jenis flora dan fauna yang dapat hidup, tumbuh dan berkembang pada masing-masing kawasan.

Article Details

Section
Articles
Author Biography

Meldayanoor Meldayanoor, Jurusan Teknologi Industri Pertanian Politeknik Negeri Tanah Laut

Jurusan Teknologi Industri Pertanian Politeknik Negeri Tanah Laut

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>