Analisis Swot Pemasaran Produk Kerupuk Buah di UD. Sukma Kecamatan Takisung Kabupaten Tanah Laut

Main Article Content

Raden Rizki Amalia
Ema Lestari
Meldayanoor Meldayanoor

Abstract

UD. Sukma merupakan industri pengolahan kerupuk buah. Permasalahan yang terjadi pada UD. Sukma yaitu dalam menjual produknya belum adanya identifikasi strategi bauran pemasaran yang dilihat dari faktor produk, lokasi, harga dan promosi untuk meningkatkan penjualan produk kerupuk buah yang menghasilkan kontinuitas terhadap penjualannya. Tujuan dari penelitian ini untuk menganalisis faktor yang paling mempengaruhi bauran pemasaran kerupuk buah secara internal dan eksternal serta menentukan strategi pemasaran kerupuk buah menggunakan metode SWOT. Metode penelitian yang digunakan yaitu identifikasi faktor-faktor marketing mix, wawancara, kuisioner, analisis faktor IFAS dan EFAS, dan analisis SWOT. Faktor internal yang paling mempengaruhi kekuatan (strength) yaitu merk yang digunakan sudah diketahui masyarakat sekitar dan sudah memiliki P-IRT, serta sudah mendapatkan label halal dari MUI.  Kelemahan dalam faktor internal yaitu kemasan yang digunakan kurang menarik, belum memiliki standar pengolahan produk yang menyebabkan ketidakkonsistenan kualitas produk kerupuk buah, dan tidak adanya promosi menggunakan media sosial. Sedangkan pada faktor eksternal peluang  yaitu pengiriman produk tepat waktu pada distributor, mempromosikan produk melalui instansi pemerintah. Adapun ancamannya yaitu  kemasan produk lain yang sejenis lebih menarik, terdapat pesaing dengan produk yang sama disatu tempat penjualan dan kerupuk UD. Sukma sudah dijual sampai luar daerah namun merk berbeda. Strategi yang tepat mengatasi pemasalahan UD. Sukma yaitu menggunakan strategi Strength-Oppurtunity (SO) yaitu dengan adanya label halal dan P-IRT merupakan kekuatan untuk memanfaatkan peluang yaitu dengan mempertahankan hubungan yang baik dengan distributor, memperluas area penjualan, serta adanya dukungan dari pemerintah baik melalui promosi berbentuk baliho, maupun mengikutkan pameran agar dikenal masyarakat luas.

Article Details

Section
Articles

References

Amalia, Rizki R, Nina Hairiyah. 2019. “Strategi Pemasaran Produk Bepang UD. Cap Bunga Kecamatan Pelaihari Kabupaten Tanah Laut.” Jurnal Teknologi Agro-Industri 6(1):51-60.

Anggraeni, Pratiwi, Sunarti, and M. Kholid Mawardi. 2017. “Analisis Swot Pada UMKM Keripik Tempe Amel Malang Dalam Rangka Meningkatkan Daya Saing Perusahaan.” Jurnal Administrasi Bisnis 43(1):104–13.

Badan Pom. 2017. “Produksi Pangan Untuk Industri Rumah Tangga Kerupuk Amplang.” Direktorat Pemberdayaan Masyarakat Dan Pelaku Usaha Deputi Bidang Pengawasan Pangan Olahan Badan Pengawas Obat Dan Makanan, Jakarta Pusat, Indonesia.

Bahrudin, Muhammad and Siti Zuhro. 2015. “Pengaruh Kepercayaan dan Kepuasan Pelanggan Terhadap Loyalitas Pelanggan.” Jurnal Bisnis Dan Manajemen Islam 3(1):1–17.

Febriani, Reby, Roza Yulida, and Kausar. 2014. “Persepsi dan Minat Petani Nenas Terhadap Usaha Agroindustri Nenas Di Desa Kualu Nenas Kecamatan Tambang Kabupaten Kampar.” Jurnal Jom Faperta 1(2).

Khoiriyah, Nur R., Aminah H. M. Ariyani, and Elys Fauziyah. 2012. “Strategi Pengembangan Agroindustri Kerupuk Terasi(Studi Kasus Di Desa Plosobuden, Deket, Lamongan).” Jurnal Sosial Ekonomi Dan Kebijakan Pertanian 1(2):135–48.

Lasander, Christian. 2013. “Citra Merek, Kualitas Produk, Dan Promosi Pengaruhnya Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Makanan Tradisional.” Jurnal EMBA 1(3):284–93.

Nuraeni, Leni and Harnanik. 2017. “Strategi Bauran Pemasaran Usaha Kecil Keripik Bhineka Di Desa Belendung Kecamatan Purwadadi Kabupaten Subang.” Economic Education Analysis Journal 6(2):647–55.

Putri, Dindy Darmawanti, Altri Mulyani, and Ratna Satriani. 2012. “Strategi Pemasaran Keripik Pisang Dalam Rangka Mencapai Ketahanan Pangan Di Kecamatan Cilongok, Kabupaten Banyumas.” SEPA 8(2):162–67.

Resmi, Nanda and Tri Wismiarsi. 2015. “Pengaruh Kemasan Dan Harga Pada Keputusan Pembelian Minuman Isotonik.” Jurnal Manajemen Dan Bisnis Sriwijaya 13(1):1–20.

Yanti, Delvi and Deivy Andhika Permata. 2016. “Pemberdayaan Masyarakat Tani Melalui Pengembangan Produk Olahan Ikan Di Nagari Tarung-Tarung , Kecamatan Rao , Kabupaten Pasaman , Sumatera Barat.” Jurnal Ilmiah Pengabdian Kepada Masyarakat 2(2):73–80.

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 > >>